Senin, 21 Agustus 2023

Ikan Kakap dan Seluk-beluknya

 Ikan Kakap dan Seluk-beluknya 



Kakap adalah keluarga ikan laut dasaran (demersal) yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang.


 Kakap termasuk famili Lutjanidae. Mempunyai ciri tubuh yang bulat pipih dengan sirip memanjang sepanjang punggung. Jenis ikan kakap yang banyak ditemui di Indonesia adalah jenis kakap merah (L. campechanus). 

 

Beberapa jenis yang lain yang juga banyak ditemui adalah kakap kuning, kakap hitam dan lain-lain.



Kakap merah merupakan fauna khas provinsi Kepulauan Riau dikarenakan provinsi ini merupakan tempat tinggal banyak kakap dan kakap sendiri sering dijadikan bahan makanan khas yaitu asam pedas.



*Jenis


Kakap termasuk jenis ikan dan termasuk jenis ikan terumbu karang.Jenis kakap dapat dibedakan berdasarkan warna tubuhnya. Ada kakap merah, kakap putih dan kakap hitam.


*Kakap merah


Nama ilmiah untuk ikan kakap merah adalah Lutjanus malabaricus.Spesiesnya termasuk jenis ikan  demersal yang berukuran besar.


 Ikan kakap merah hanya hidup di perairan laut.Habitat ikan kakap merah dapat ditemukan di dasar perairan dangkal maupun perairan laut dalam. 

 

Tubuh ikan kakap merah bentuknya memanjang dan melebar. Ada yang bentuknya  gepeng dan ada yang melonjing. Bagian kepalanya ada yang cembung dan ada yang sedikit cekung.


*Kakap putih


Kakap putih termasuk dalam famili Latidae yang termasuk bagian dari ordo Perciformes.[Spesies kakap putih awalnya berasal dari Thailand.


Habitat kakap putih kemudian ditemukan menyebar di bagian barat kawasan Indo-Pasifik. Kakap putih ditemukan di Teluk Persia hingga ke sepanjang Asia Tenggara dan mencapai Papua Nugini dan bagian utara Australia.


Di kawasan tersebut, ikan kakap putih dapat ditemukan di perairan pesisir dan perairan air tawar.Kadar garam di lingkungan yang mampu ditinggali oleh kakap putih berkisar antara 0–40 ppt.

___

Cat :

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net PopCash.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar