Minggu, 20 Agustus 2023

Rekreasi dan Olahraga Memancing

  

Rekreasi dan Olahraga Memancing 



*Pemahaman Awal


Penangkapan ikan rekreasi, pemancingan rekreasi, atau olahraga memancing adalah adalah aktivitas penangkapan ikan dengan tujuan kesenangan atau olahraga. Penangkapan ikan rekreasi bisa dibedakan dengan penangkapan ikan komersial yang bertujuan mencari keuntungan, atau penangkapan ikan tradisional yang biasanya bertujuan untuk mencari makan. 


Ciri khas yang paling umum dari penangkapan ikan rekreasi adalah penggunaan batang pancing dan perlengkapannya. Pemancing berpengalaman biasanya mengembangkan metode dan alat memancing sendiri, bahkan memodifikasi kapal yang digunakan untuk memancing. Ikan yang biasa ditangkap dan diperlombakan yaitu tuna, hiu, dan marlin.



Salah satu metode yang sedang berkembang saat ini adalah penangkapan ikan dengan kayak. Kayak cenderung tidak terlihat mencurigakan bagi ikan yang berenang di bawahnya, terutama jika dibuat dari bahan alami (kayu) dan memungkinkan pemancing untuk menangkap ikan di tengah sungai atau danau yang tidak terjangkau dari tepi.


Sepanjang sejarah, penangkapan ikan rekreasi adalah olahraga yang digemari laki-laki. Pelaku pemancingan rekreasi wanita hanya sekitar 10%.




* Olahraga Memancing


Metode olahraga memancing dapat 

bervariasi tergantung pada lokasi, spesies yang menjadi target, strategi, dan sumber daya yang tersedia.


Ikan air laut yang sering menjadi target diantaranya ikan marlin, tuna, Megalops, ikan layar, hiu, dan makarel.


 Di air tawar, ikan yang menjadi target yaitu ikan Centropomus undecimalis, Sander vitreus, Oncorhynchus, Salmo, Salvelinus, Micropterus, Esox, lele, dan sebagainya. Ikan spesies apapun yang tertangkap dan muat di wajan yang mereka bawa, disebut sebagai panfish atau ikan wajan.



Pada masa lalu, pelaku olahraga memancing biasanya tidak memakan ikan hasil tangkapannya. Meski demikian, ikan tetap terbunuh karena digunakan untuk pengukuran berat dan dokumentasi, dan tidak selamat meski dikembalikan lagi ke air.


 Namun kini untuk melestarikan berbagai spesies ikan, pelaku pemancingan rekreasi lebih beretika dengan menangkap lalu melepaskannya langsung tanpa melakukan pengukuran berat dan dokumentasi. Terkadang memberikan tanda sebelum melepaskannya untuk membantu ilmuwan perikanan merekam kondisi vital, pergerakan, dan pencatatan populasi ikan.

 ___

 Cat :

PopAds.net - The Best Popunder Adnetwork PopCash.net PopCash.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar