Selasa, 19 September 2023

Buah Pitanga sebagai pengusir Serangga

 Buah Pitanga sebagai pengusir Serangga



*Pemahaman Awal


.Eugenia uniflora , pitanga ,  ceri Suriname ,  ceri Brasil , ceri Cayenne ,  cerisier carré , [ biksumonki kersie, ñangapirí, atau shimarucu adalah tanaman berbunga dalam keluarga Myrtaceae , berasal dari pantai timur tropis Amerika Selatan, mulai dari Suriname , Guyana Perancis hingga Brasil selatan , serta Uruguay dan sebagian Paraguaydan Argentina . 



 Hal ini sering digunakan di taman sebagai pagar atau layar. Pohon itu diperkenalkan ke Bermuda untuk tujuan hiasan tetapi sekarang sudah tidak terkendali dan terdaftar sebagai spesies invasif . 

 

Pohon itu juga telah diperkenalkan ke Florida . 





Kegunaan


Buah yang dapat dimakan adalah buah beri botani . Rasanya berkisar dari manis hingga asam, tergantung pada kultivar dan tingkat kematangannya (warna merah tua hingga hitam cukup manis, sedangkan warna hijau hingga oranye sangat asam).


 Penggunaannya yang dominan dalam makanan adalah sebagai penyedap dan bahan dasar selai dan jeli. Buah ini tinggi vitamin C dan sumber provitamin A.


Daunnya juga digunakan untuk teh di beberapa bagian Uruguay. 


*Gunakan sebagai pengusir serangga


Daunnya disebar di beberapa lantai rumah di Brazil sehingga mengeluarkan bau yang dapat mengusir lalat jika diinjak. 


*Kegunaan medis


Eugenia uniflora memiliki beberapa sifat farmakologis yang signifikan. Minyak atsirinya bersifat antihipertensi ,  antidiabetes,  antitumor dan analgesik ,  dan telah menunjukkan aktivitas antivirus dan antijamur. Ia telah bekerja melawan mikroorganisme seperti Trichomonas gallinae (in vitro),  Trypanosoma cruzi  dan Leishmania amazonensis . 


Ia juga menunjukkan sifat anti-inflamasi yang signifikan, dan digunakan secara luas sebagai obat tradisional di Amerika Selatan untuk melawan penyakit perut. 

___

Cat : Wikipedia https://thehomecures.com/pitanga-unlocking-benefits-optimal-wellness/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar