Rabu, 27 Desember 2023

TANYA JAWAB SEPUTAR KACANG PANJANG

 TANYA JAWAB SEPUTAR KACANG PANJANG 



*Berapa lama tanaman kacang panjang bisa di panen?

Umur panen • Tanaman kacang panjang mulai berbunga pada umur 30 hari. Pada umumnya pemanenan polong muda kacang panjang pertama kali dapat dilakukan setelah tanaman berumur 45 hari (6-7 MST).


*Pupuk apa untuk kacang panjang?

Pupuk susulan tanaman kacang panjang tipe merambat, diberikan 4 minggu setelah tanam, pupuk berupa urea 150 kg/ha.


Sedangkan pupuk susulan untuk kacang panjang tipe tegak diberikan 4 minggu setelah tanam, pupuk berupa urea 85 kg/ha


*Bagaimana cara agar kacang panjang berbuah lebat?

Agar kacang panjang yang ditanam subur dan berbuah lebat, perlu memperhatikan kondisi tanah yang akan digunakan. Kondisi tanah yang ideal untuk menanam kacang panjang adalah tanah yang subur dan gembur. Selain kondisi tanah, juga perlu memperhatikan pasokan air saat menanam kacang panjang.


*Kapan saat yang tepat untuk menyiram kacang panjang?


Jika menanam kacang panjang di musim kemarau, pastikan untuk selalu menyiram tanaman di pagi atau sore hari. Meskipun demikian, penyiraman tidak boleh berlebihan karena bisa membuat media tanam becek dan padat.


*Berapa kali kacang panjang bisa di panen?

Panen kacang panjang dapat dilakukan beberapa kali, tanaman dapat dipanen setiap 3-4 hari sekali. Panen bisa berjalan sampai masa produk- tif terhenti atau setelah tanaman berumur sekitar 4 bulan.


*Apa syarat pertumbuhan kacang panjang pada tanah?

Jenis tanah yang ideal bagi pertumbuhan tanaman kacang panjang ini adalah tanah yang bertekstur lempung berpasir dan memiliki pH tanah sekitar 5,5 – 6,5. Jenis tanah yang teralu masam dapat dilakukan dengan pengapuran memakai kapur dolomit (Rukmana, 1995).


*Kapan bunga kacang panjang mekar?

Bunga kacang panjang mekar pada pagi hari selama sekitar tiga jam mulai pukul 06.00 WIB dan menutup kembali sekitar pukul 09.00 WIB. Bunga mekar dan menutup selama lima hari, selanjutnya daun mahkota layu, dan akhirnya mengering. Buah kacang panjang disebut polong.


*Berapa jarak tanam kacang panjang?

(2020) Jarak tanam yang paling optimal dalam jumlah polong kacang panjang adalah 50x50 cm menghasilkan rata-rata sebanyak 18,18 buah polong/tanaman dengan rata-rata panjang polong 57,58 cm/tanaman, sedangkan jarak 40x40 cm menghasilkan rata-rata 16,52 buah polong/tanaman dengan rata-rata panjang polong 55,36 cm/tanaman


*Berapa biji per lubang kacang panjang?


Benih dimasukkan ke dalam lubang tanam sebanyak 2 biji, tutup dengan tanah tipis/dengan abu dapur. Benih kacang panjang akan tumbuh 3-5 hari kemudian. Benih yang tidak tumbuh segera disulam.


*Apa jenis akar kacang panjang?

Kacang panjang memiliki sistem perakaran tunggang dan bercabang. Akarnya berwarna coklat. Terdiri atas akar tunggang, cabang akar, akar serabut dan bintil akar. Menurut Rukmana, Sistem perakaran pada kacang panjang dapat menembus tanah hingga kedalaman 60 cm.

____

Cat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar