Rabu, 27 Desember 2023

TANYA JAWAB SEPUTAR TOMAT


TANYA JAWAB SEPUTAR TOMAT



*Berapa lama pohon tomat berbuah?

Tomat dapat dipanen pertama kali setelah berumur 90 hari sejak pindah tanam. Selanjutnya, panen bisa dilakukan setiap 3-5 hari sekali hingga buah habis.


*Apakah tanaman tomat harus kena sinar matahari langsung?

Tanaman tomat merupakan tumbuhan yang membutuhkan cahaya matahari langsung.


*Berapa kali panen tomat dalam 1 tahun?

Tanaman tomat yang dibudidayakan saat ini bisa dipanen 4 kali dalam setahun atau tiap 3 bulan sekali. Hal itu mengacu masa atau usia panen 90 hari.


*Berapa kali sehari menyiram tanaman tomat?

Anda cukup menyiram tanaman tomat dua hingga tiga kali dalam sepekan. Pastikan bahwa Anda menyirami tanah, bukan daun tanaman. 


*Pupuk apa yang cocok untuk tanaman tomat?

Dasar dari resep pupuk tomat yang baik adalah kompos berkualitas tinggi. Kompos adalah pilihan terbaik untuk tanaman tomat.


*Apakah tanaman tomat harus kena sinar matahari langsung?

Tanaman tomat merupakan tumbuhan yang membutuhkan cahaya matahari langsung.


*Kapan menyiram tanaman tomat?

Waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah pagi hari, karena akan memberi tanaman waktu untuk mengering sebelum malam hari.


*Tomat yang bagus seperti apa?

Pilih tomat yang berwarna merah, juga terasa segar dan padat di tangan. Pilih tomat yang beratnya sesuai dengan besarnya. Pilih tomat yang bulat, permukaan kulitnya halus, tidak berlekuk-lekuk, atau retak.


*Warna tomat apa saja?

Buah tomat memiliki 3 warna untuk menentukan apakah buat tomat tersebut sudah matang, setengah matang, dan mentah, yaitu warna merah ketika buah tomat sudah matang, warna kuning ketika buah tomat setengah matang, dan warna hijau ketika buah tomat mentah.


*Tomat fungsinya untuk apa?

Tomat merupakan buah yang mengandung vitamin C dan antioksidan. Kandungan yang terdapat dalam buah tomat memberikan manfaat dalam melawan pembentukan radikal bebas penyebab kanker. Apabila Anda sedang mengalami sembelit, mengonsumsi buah tomat dapat membantu mengatasi kondisi tersebut.


*Berapa ukuran polybag untuk tanaman tomat?

Perlakuan polybag ukuran 35 cm x 40 cm pada tanaman tomat memberikan pengaruh terbaik diduga karena penggunaan polybag yang besar membuat volume media lebih banyak sehingga perakaran tanaman lebih mudah berkembang dan menyerap unsur hara secara maksimal.


*Kapan waktu menanam tomat?

waktu terbaik untuk memulai menanam tomat dari biji adalah sekitar enam hingga delapan minggu sebelum masa panen. Untuk budidaya tomat baru bisa dipanen 60-100 hari setelah tanam pertama, tergantung dari varietasnya. Untuk waktu tanam yang baik untuk lahan kering adalah pada akhir musim hujan.


*Berapa hari bibit tomat pindah tanam?

Setelah umur dua minggu lakukan pembibitan, pindah ke polybag ukuran kecil satu persatu. Sebelumnya siapkan media tanam dalam polybag dengan perbandingan tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Dalam kurang lebih 25 hari bibit tomat bisa dipindah ke tanah tanam.


*Media tanam apa yang paling sesuai untuk tanaman tomat?

Media tanam dalam penanaman tomat dapat dibuat dari kombinasi tanah, arang sekam, dan kompos dengan perbandingan 2:1:1. Siapkan media tanam ini beberapa hari sebelum digunakan supaya mineral dalam kompos dapat menyatu dengan baik.

____

Cat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar