Rabu, 27 Desember 2023

TANYA JAWAB SEPUTAR KANGKUNG

 TANYA JAWAB SEPUTAR KANGKUNG



*Berapa lama proses pertumbuhan kangkung?

Kangkung siap dipanen 30-45 hst, tergantung dari varietas dan tipe tanaman kangkung. Panen dapat dilakukan sekali sampai beberapa kali. Untuk panen yang berulang, tunas dipotong 15-20 cm dari permukaan tanah, biasanya seminggu sekalI



*Apakah akar kangkung bisa tumbuh lagi?

Kangkung merupakan jenis sayuran yang paling mudah untuk ditanam kembali. Kita bisa langsung menanam bagian akar di media tanah yang agak padat dan ditunggu sampai berkembang.


*Berapa jarak tanam kangkung?

Setelah itu, tanam bibit kangkung di pot dengan jarak antar tanaman sekitar 20-30 cm, agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan memiliki ruang yang cukup untuk berkembang.


*Pupuk apa buat kangkung?

Pupuk kandang 10 ton/ha, pupuk anorganik 75 kg/ha urea, 100 kg/ha SP-36, dan 50 kg/ha KCl. Kangkung membutuhkan banyak air karena berbatang basah. Pengairan sangat diperlukan setelah tanam, terutama bila tanaman layu pada siang hari. Pengairan dapat dilakukan dengan dileb diantara bedengan.


*Kapan kangkung diberi pupuk?

Pemupukan untuk tanaman kangkung terdiri dari pupuk dasar, yaitu pupuk kandang dan pupuk NPK, yang diberikan seminggu sebelum tanam setelah selesai pembuatan bedengan. Pupuk urea diberikan pada umur 14 sampai 15 hari atau dua minggu setelah tanam.


*Berapa kali sehari menyiram kangkung?

Cukup siram kangkung dua kali sehari, pada pagi hari dan siang hari jika musim kemarau. Jika sedang musim hujan, maka kurangi penyiraman karena akan merusak tanaman kangkung. Selalu bersihkan rumput atau gulma yang tumbuh di sekitar kangkung.


*Berapa lama masa panen kangkung?

Kangkung darat dapat dipanen saat umur 30-45 hari sejak masa tanam benih. Cara memanennya adalah dengan mencabut kangkung bersamaan dengan akarnya. Setelah itu akar kangkung dapat dicuci hingga bersih sebelum dipasarkan. Umumnya, harga kangkung di pasaran relatif murah jika dibanding dengan jenis sayuran lain.


*Berapa tinggi tanaman kangkung?

Beberapa macam varietas kangkung darat pertama kangkung bika, pertumbuhan kangkung bika ini sangat kokoh, tegak dan seragam, tinggi tanaman ini bisa mencapai 30 - 35 cm dan panjang per 10 ruas 20 - 23 cm, umur panen kangkung ini 20 - 35 hari setelah tanam, kangkung bika mempunyai warna batang dan daun hijau.


*Berapa lama perendaman benih kangkung?

Berikut langkah-langkah menyemai kangkung: Seleksi benih berkualitas dengan merendam benih kangkung di dalam air selama 6-12 jam. Benih yang berkualitas adalah benih yang tenggelam. Potong media tanam rockwool dengan ukuran 2,5x2,5 cm. Letakkan rockwool dalam nampan supaya mudah dipindahkan.

____

Cat :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar